Tuesday, September 26, 2006

Children of Men
Gimana jadinya kalo manusia di seluruh dunia ini jadi infertile karena polusi & kerusakan alam lain? Angka kelahiran nol dan manusia termuda yang berumur 18 tahun, meninggal? Itulah yang digambarkan dalam film ini, dari novelnya PD James. Novelnya saya belum baca, tapi filmnya udah terlanjur keluar. Karena yang main Clive Owen (I'll Sleep When I'm Dead), jadi pilih nonton filmnya aja dulu! Hehehe... Apalagi film ini settingnya London tahun 2027. Nonton film bersetting London di London kan lebih mantep getu! Di film ini London digambarin kumuh, gloomy dan polusi. Akibatnya saya dan Sly kasak kusuk sambil nonton, ini London sebelah mana ya?

Imigran gelap jadi masalah terbesar London 21 tahun lagi. Pemerintah menangkap, memenjara dan menyiksa imigran2 itu. Jadi inget film2 yang ada adegan kamp konsentrasinya. Pengulangan sejarah? Akibatnya para imigran yang digambarkan jadi kaum underground balik melawan pemerintah, gerilya gitu deh. Nah, ditengah krisis fertilitas ini, ternyata masih ada satu perempuan yang ditemukan tengah hamil! Tapi karena dia perempuan berkulit hitam, jadi kudu dilindungi, dikeluar London dan inilah tugasnya Clive Owen (yang macho itu! hehehe..)

Alfonso Cuaron masih bagus aja, atau makin bagus. Setelah Y tu Mama Tambien dan Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, kali ini Cuaron sukses lagi gabungin drama, adventure dan sedikit sci-fi. Pas banget proporsinya. Ada dramanya tapi gak menye2, ada tembak2annya tapi gak brutal. Yang jelas kameranya bagus banget. Sukses bikin adegan perang dan tembak2an panjang dan indah dengan one take. Dengan koreografi kamera se-njlimet dan serapih itu, gimana dan berapa kali rehearsenya ya?

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Beda memang sama kebanyakan film yang nggambarin masa depan secara futuristik, mobil terbang, hologram dll. Film ini realistis banget. Agak terlalu gelap dan pesimis, tapi jangan2 masa depan bumi emang gitu?

Orson Welles.

8:26 AM  

Post a Comment

<< Home