Monday, September 25, 2006

The Queen

I'd say this film is a semi-biography. For sure it's more than just drama. Dari film ini saya mengerti kalau ternyata meninggalnya Lady Di adalah ancaman terbesar yang nyaris 'membubarkan' monarki di Inggris. The Queen dengan detail menggambarkan kasak kusuk di kerajaan Inggris sepekan setelah Lady Di meninggal dalam kecelakaan. Helen Mirren sumpah paaas banget jadi HM Elizabeth II. Cara ngomongnya, jalannya, bahkan cara nggerakin tangannya, persis deh!

The Quenn fokusnya pada tarik ulur antara Queen Elizabeth II dan Tony Blair, yang tahun 1997 itu baru saja terpilih jadi PM. Ratu awalnya menolak ngasih ucapan bela sungkawa secara terbuka utk Diana & menolak mengibarkan bendera setengah tiang di Buckingham palace karena Diana udah nggak dianggap anggota royal family. Pastinya sikap ratu ini diprotes keras rakyat Inggris yang mencintai Diana. Cara film ini ngebangun emosi keren banget. Original footage reaksi rakyat Inggris dan footage wawancara terakhir Diana di TV sukses memperkuat sense biografi film ini. Ditengah krisis, Tony Blair seolah secara halus memanfaatkan kesempatan meraih simpati rakyat Inggris dengan 'menekan' ratu agar mau mengadakan pemakaman terbuka untuk Diana. Maukah sang ratu?

Nonton film ini di London sungguh lebih matep! Misalnya nih, setelah pernah ngelihat langsung upacara changing of guard di Buckingham, rasanya lebih bisa menghayati kenapa lautan karangan bunga untuk Diana itu dipermasalahkan. Disini juga dilihatin, ternyata Ratu juga manusia, punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati!

Ssstt... Setelah biasanya duo nonton hanya saya dan Sly, malam ini tambah Rini. Dan ternyata, inilah untuk pertama kalinya setelah setahun Rini nonton bioskop di London! Yaoloh jeng Rini... ck ck ck!

2 Comments:

Blogger pippilotta said...

astaga rini keterlaluan banget. gw pikir dia semata-mata gak doyan nonton film doang, ckckckck..

8:22 AM  
Blogger swastika said...

itulah... lo sebagai temannya kemana aja cit? kenapa nggak menarik rini dalam lembah kenikmatan?

7:17 AM  

Post a Comment

<< Home